Header Banner JagoanStore

Senin, 19 Desember 2011


19 Zat GiziI Penting Untuk Otak

Dari semua zat gisi yg dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak, terdapat sejumlah zat gizi yang secara spesifik berfungsi untuk tumbuh kembang otak. Berikut diantarannya :

  1. Taurin, merupakan asam amino yang membuat kinerja otak jadi lebih baik, selain juga berperan dalam perkembangan mata anak.Sumber : ASI, daging , unggas dan makanan laut.
  2. Tyrosine & Tryptophan (TT) , berperan untuk menghasilkan Neurotransmiter yg berfungsi menyerap pesan dan mengolahnya sehingga pesan disampaikan lebih optimal. Sumber : ASI ,Pisang,unggas,Kacang dan makanan lain yg kaya protein
  3. Kolin , dapat membatuu fungsi normal otak melalui pembentukan neurotransmitter acetylcholine, yaitu bentuk senyawa kolin yg sangat berperan pada fungsi otak . sumber : ASI,Kuning telur, kacang kedelai,hati ayam , kalkun , daging sapi.
  4. Omega 3 (asam Linolenat) dan Omega 6 (asam Linoleat), keduanya merupakan asam lemak esessial yg berperan pembukusan syaraf. Sumber : ASI ,Makanan Laut, dan produk susu.
  5. DHA , penting bagi perkembangan saraf diotak, terutama pembentukan jaringan lemak otak (mielinisasi) dan interkoneksi antar syaraf di otak.  Sumber : ASI, Ikan laut, seperti Tuna,gindara, sarden, salmon,makarel,  dan hering.
  6. AA/ARA  berperan penting dalam mengoptimalkan transmisi syaraf dan fungsi otak. Sumber : ASI, Telur bebek, Daging dan makanan hewani lainnya.
  7. SA (Sialic Acid) , membantu mengoptimalkan perkembangan otak  anak dlm masa kritis tumbuh kembang otak. Sumber : ASI.
  8. Sphingomyelin , Komponen utama dlm proses pembentukan selubung mielin otak , sehingga syaraf2 bekerja diotak sehingga tidak ada satupun yan terhambat. Sumber : ASI
  9. Lecitin , berguna untuk proses pembentukan Syaraf2 didalam otak , bisa mencegah kerusakan memori . Sumber Kedelai , kuning telur.
  10. Gangliosida , Dibutuhkan untuk pertumbuhan , perkembanagan migrasi dan pematangan sel syaraf otak, serta pembentukan sinaps(hubungan antar sel syaraf) Sumber : ASI
  11. Kolesterol , Komponen utama pemberntukan sel otak dan sel syaraf , Sumber : ASI,Telur ,Udang,Otak dan lainnya.
  12. Vitamin B1 (Thiamin) ,merupakan gizi esensial untuk kesehatan otak dan sel saraf. juga membantu pertumbuhan janin . Sumber : Biji2an dan makanan yg telah diperkaya spt roti,nasi,pasta dan sereal sarapan.
  13. Vitamin B5 (Asam Pantotenant) merupakan bentuk koenzim yg dapat membantu mnegantar rangsangan syaraf . Sumber : Daging,Unggas,Ikan,Sereal , biji2an, susu , sayur dan buah.
  14. Vitamin B6 (Piridoksin) membantu mengubah asam amino triptofan menjadi seretonin ,Xat kimia otak yg dpt menimbulkan rasa tenang bagi tumbuh. Sumber : Daging ayam, ikan,hati,hati , sereal, biji2an , kacang2an dan polong2an.
  15. Vitamin B12 (Sianokobalamin) membantu mempertahankan jaringan saraf agar tetap sehat  Sumber ;telur , daging , unggas, susu dan produk olahannya.
  16. Asam Folat , mengurangi resiko janin mengalami kecatatan pada otak dan saraf tulang belakang. Setelah bayi lahir asam folat dibutuhkan untuk pembentukan selubung saraf otak agar otak berkembang optimal. Sumber : sayuran hijau , buah2an9jeruk,semangka ,srrobery ,nanas dan avokad) daging sapi, gandum dan kacang2an.
  17. Zat Besi (Ferrum / Fe) diperlukan bagi pembentukan selubung syaraf  dn mencegah gangguan kecerdasan . riset membuktikan adanya hubungan antara kandunan zat besi dalam makanan dengan tingkat IQ . Sumber : ASI , Daging ,Hati ,Jantung sapi, daging ayam, ikan kuning telur, kacang2an , kedelai , sayuran berwarna hijau , sereal dan lainnya.
  18. Seng (Zink/Zn) penting bagi berbagai fungsi termasuk pertumbuhan dan perkembanganm preproduksi , fungsi sensori , antioksidan serta stabilisasi membran otak . Sumber : ASI, makananlaut ,daging ,Unggas ,Biji2an, Kacang2an , sereal dan yodium.
  19. Yodium , sangat penting untuk pembentukan homon tiroid yaitu hormon yg sangat diperlukan bagi tumbuh kembang fisik dan mental yg normal . Sumber : Sayur, daging merah dan ikan laut.

Nah Sekarang Bunda2 jadi tahukan apa fungsi zat gizi diatas , dan sumber zat gizi didapatkan dari mana? Semoga berguna ya bun






Tips Mengajarkan Anak Bicara
Bunda , Melatih bicara anak sejak dini akan membantu kemampuan komunikasi dan interaksi sosial anak dengan lingkungan. Setiap apapun  yang dikatakan oleh orang tua, akan tersimpan di memori otak anak, dan suatu saat si anak akan meniru apa yang dia perolehnya, baik itu yang diajarkan orang tua maupun oleh orang-orang disekitarnya , So selalu Gunakanlah kata2 yg baik dan ini Tips untuk mengajarkan si kecil bicara: 

  • Ajaklah Si Kecil  berbicara sesering mungkin, sejak dini, walaupun  sebenarnya mereka belum waktunya berbicara.
  • Berbicara dengan anak menggunakan suara yang lembut, karena anak lebih suka dengan suara yang lembut.
  • Hindarkan berbicara kata kasar dan buruk di depan anak. Karena apa yang Anda ucapkan akan tersimpan di memori otak anak. Suatu saat kata-kata itu akan ditiru oleh Si Kecil.
  • Selain Bunda mengajak bicara Si kecil sesering mungkin, dengarkan juga apa yang diucapkannya meskipun kata-katanya belum begitu jelas. Lalu berilah respon terhadap apa yang dia katakan. Hal ini akan membuat si anak senang untuk berbicara.
  • Jangan menyalahkan apa yang dia katakan. Ulangi apa yang disampaikan meskipun salah dengan kata yang benar dan berulang-ulang.
  • Ajak Si Kecil  berbicara sambil memakai pempers, sambil bermain ataupun sambil berjalan-jalan dengan  anak. Kombinasi waktu berbicara dengan anak membuat anak tidak bosan dan lebih menyenangkan buat anak.
  • Lihat respon Si Kecil  saat diajak berbicara. Jika ia  masih memperhatikan Bunda , maka Bunda  dapat terus mengajak Sikecil  untuk berbicara. Tetapi kalau Si kecil  tidak lagi memperhatikan Bunda  dan mulai mengalihkan perhatian, maka sebaiknya Bunda  menghentikan untuk sementara waktu berbicara dengan anak, untuk diulang lagi di lain waktu. Mungkin anak mulai bosan, jangan dipaksakan.

Selamat Mencoba!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

chika cooment